Home Fokus Nasional Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Bem FP Unimal Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi...

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, Bem FP Unimal Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi secara daring

Aceh Utara –Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (BEM FP Unimal) melaksanakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi secara daring pada Kamis, 26 November 2020.

Ketua BEM FP, Muhaimin Syukur, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di Fakultas Pertanian meskipun ditengah kondisi pandemi Covid-19. Selain itu, juga untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan di kalangan mahasiswa. Ia berharap dengan kegiatan ini dapat melahirkan generasi mahasiswa yang mampu berpikir secara kritis dengan mengedepankan sikap dan etika yang baik.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa khususnya Fakultas Pertanian bisa tetap produktif dan mampu mengimplementasikan nilai nilai keorganisasian meskipun ditengah keterbatasan” ujar Muhaimin.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan para pemateri yang menyampaikan berbagai hal berdasarkan sudut pandangnya mengenai dunia organisasi dan juga kepemimpinan.

Sementara itu Bapak Azwar, S.Psi, M.Psi (Founder & Senior Trainer Lentera Hati Indonesia), sebagai pemateri yang pertama menyampaikan bagaimana pentingnya untuk menanamkan sifat kepemimpinan di dalam diri masing masing.

“Untuk menjadi seorang pemimpin maka mulai lah belajar untuk memimpin diri sendiri terlebih dahulu, kemudian sosok seorang pemimpin haruslah tegas dan lugas serta bijaksana dalam mengambil langkah apapun”, ujarnya.

“Pemimpin juga bukanlah seseorang yang tidak pernah punya kesalahan, karena halnya orang yang sukses adalah orang yang belajar dari kesalahan”, Tutupnya.

Kemudian sesi dilanjutkan oleh Bapak Zulfikar, S.P, M.Si (Inisiator Gerakan Pemuda Berusaha Tani), selaku pemateri yang kedua. Beliau menyampaikan bahwa manajemen sangat berperan penting dalam keseharian manusia, manajemen dibutuhkan untuk memaksimalkan waktu yang dimiliki oleh seseorang dengan menghindari melakukan hal hal yang tidak penting.

“Manajemen dalam organisasi disebut sebagai teknik dan seni yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, baik itu tujuan secara umum ataupun tujuan secara khusus”, Pungkasnya.

“Untuk mencapai tujuan, maka kita harus memahami konsep konsep manajemen seperti bagaimana perencanaan yang baik, kemudian bagaimana pengorganisasiannya, pengarahan serta perlu adanya pengawasan sebagai tolak ukur sejauh mana tujuan itu telah berjalan”, tutupnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here