Home Daerah Sukses! STIS Ummul Ayman Gelar Yudisium Perdana

Sukses! STIS Ummul Ayman Gelar Yudisium Perdana

218
0

Pidie Jaya – Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Ummul Ayman, Pidie Jaya gelar yudisium perdana, Kamis, (15/10). Acara bertempat di kampus utama STIS, Meunasah Bie, Meurah Dua, Pidie Jaya.

Sebanyak 102 mahasiswa/i resmi ditasbihkan sebagai lulusan perdana dari STIS Ummul Ayman ini. Peserta yang terdiri dari 79 mahasiswa/i program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) dan 23 peserta dari prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Dalam sambutannya, Ketua STIS, Dr. Tgk. Muhammad Zukhdi, Lc., MA menguraikan bahwa yudisium ialah tahapan untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan sidang skripsi guna melegitimasi gelar sarjana yang diberikan kepada mahasiswa tersebut. Sehingganya, kata Ketua, mahasiswa yang telah mengikuti prosesi yudisium sudah dapat menggunakan gelar yang disematkan kepadanya.

“Yudisium ini ibarat nikah, sedangkah wisuda adalah resepsinya,” ujar Teungku yang akrab disapa dengan Baba Zuhdi ini.

Ia pun berpesan untuk selalu menjaga almamater STIS Ummul Ayman serta mengharapkan akan selalu bisa mengimplememtasikan ilmunya kepada umat. Konon lagi STIS ini merupakan lembaga paduan antara jenjang kuliah (formal) dengan jenjang mengaji (non-formal).

“Gelar Teungku ka na, gelar SH juga kana. Peu lom man? (gelar teungku sudah dapat, gelar SH juga sudah dapat. Mau apalagi coba?),” ujarnya.

Dengan perpaduannya dua gelar ini, Ia berharap semoga akan mampu menyesuaikan dengan tuntutan sikap di dalam masyarakat. Karena menurutnya, lulusan STIS ini akan mampu berinteraksi dengan dunia akademik dan juga mampu bermuamalah dengan dunia keagamaan.

Sementara itu, Pembantu Ketua 1, Tgk. Januddin, MA dalam kata sambutan laporan koordinasinya melaporkan sebanyak 102 peserta yang mengikuti yudisium itu. 102 peserta bukanlah jumlah yang sedikit, mengingat ini merupakan yudisium perdana. Namun, Ia juga selalu menekankan bahwa para peserta akan mampu mengamalkan apapun yang telah ditimba di STIS Ummul Ayman.

Serangkaian acara yang dimulai pukul 09.30 itu berakhir ketika adzan zuhur berkumandang. Selamat para yudisium. Semoga ilmunya berkah dunia-akhirat. Allahumma amiiin! _(Aidil Ridhwan)._

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here