Home Aceh STAIN Meulaboh Laksanakan Upacara Peringatan HAB Kemenag Ke 75

STAIN Meulaboh Laksanakan Upacara Peringatan HAB Kemenag Ke 75

209

Meulaboh- Memperingati Hari Amal Bakti ke 75 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh melaksanakan upacara bendera di halaman kampus setempat. Selasa, 5 Januari 2021

Pelaksanaan upacara yang berlangsung sesuai surat edaran Menteri Agama RI Nomor: 59 Tahun 2020 tentang HAB ke 75 Tahun 2021 dengan mengedepankan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan langsung dipimpin oleh Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Dr. Inayatilah, M.Ag sebagai Inspektur upacara.

Dr. Inayatillah, M.Ag dalam memaparkan amanat dari Menteri Agama RI, KH. Yaqut Cholil Qoumas, yang bahwa semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama itu memiliki beberapa kunci. Pertama manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga yaitu persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Dengan mengusung tema Indonesia Rukun, itu sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan

umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk terus maju, terangnya.

Inayatilah melanjutkan, di usia ke 75 tahun Kementerian Agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Adapun kegiatan upacara yang berlangsung turut diikuti segenap pimpinan, dosen dan Sivitas Akademika STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here