Home Aceh PERNIKAHAN DINI di Era Milenial wajarkah?

PERNIKAHAN DINI di Era Milenial wajarkah?

263
Oleh : Latifah, uin arraniry, ushuluddin dan filsafat, Sosiologi Agama
Pernikahan adalah ikatan atau perjanjian yang membentuk hubungan kekerabatan dan juga merupakan budaya yang meresmikan laki-laki dan perempuan halal dalam hal agama.
Pernikahan juga momen diharapkan yang hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup dan pernikahan juga penentuan nasip seseorang.
Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang untuk menjalani hubungan pernikahan.Tetapi dilihat dari kalangan remaja sekarang, banyak yang sudah menikah di usia yang masih  tergolong muda, dan menganggap pernikahan adalah suatu hal yang biasa kesiapan diri hanya dengan modal suka sama suka dan restu orang tua saja dan tidak memikirkan dampak setalah berumah tangga.
Tanpa memikirkan dampak yang akan di alami setelah berumah tangga, yang mengakibatkan kekacauan seperti perceraian. Karena pernikahan di anggap hal biasa, sehingga perceraian pun juga di anggap biasa. Karena mereka Kurang pengetahuan tentang hal demikian di kalangan remaja sekarang seperti anak yang masih memerlukan pendidikan yang panjang tapi harus karena ingin berumah tangga, di kalangan remaja sekarang hanya memikirkan perasaan, asal sudah cinta tidak lagi memikirkan dampak negatif yang akan dilakuinya dan tidak memikirkan secara matang untuk masa depan.
Faktor terjadinya pernikahan dini diera milenial sekarang yaitu disebabkan oleh adanya Pergaulan bebas, pergaulan bebas terjadi tidak lagi disebabkan oleh faktor ekonomi dan adat, apa lagi adat sudah mulai jarang berpengaruh di dalam masyarakat untuk mendorong adanya suatu pernikahan, tetapi bisa dilihat sekarang faktor yang sangat mempengaruhi pernikahan di kalangan milenial remaja yaitu disebabkan oleh pergaulan bebas, dan media masa yang bisa membuat remaja-remaja lupa diri dalam bergaul dan bebas dalam berhubungan dengan lawan jenis, sehingga hal demikian bisa membuat orang tua khawatir terhadap anak yang menyebabkan aib keluarga atau takut anaknya melakukan zina saat berpacaran.
Maka ada sebagian orang tua yang langsung menikahkan anaknya agar tidak terjadi perbuatan dosa. Dengan berbagai faktor yang menyebabkan banyak terjadi pernikahan di kalangan remaja sekarang sangat berpengaruh dari pergaulan bebas
Maka dari permasalahan tersebut banyak terjadi pernikahan di usia muda. Pernikahan tidaklah sederhana seperti yang dibayangkan, karena perlu kematangan baik dalam fisik, psikologis dan juga emosional, karena kedewasaan adalah aspek yang paling penting sebelum menjalani pernikahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here