Home Aceh PEREMPUAN DAN AKTIFITAS MASA KINI

PEREMPUAN DAN AKTIFITAS MASA KINI

Oleh :Putri Pratama

Prodi : Hukum Keluarga

Fakultas Syariah Dan Hukum

Mata Kuliah : Politik Hukum Islam di Indonesia

Perempuan lagi- lagi menjadi sebuah topik yang hangat dan menarik untuk dibahas. Walaupun setiap pembahasan yang membawa nama perempuan selalu terkait atau identik dengan sesuatu yang berkaitan dengan kecantikan atau keindahan, kali ini akan sedikit berbeda.

Kita jelas akan membahas tentang perempuan masa kini dengan aktivitasnya yang sangat beragam. Tetapi sebelum itu mari kita sedikit mundur ke belakang untuk melihat fakta- fakta jaman dulu yang dapat memberikan kita pemahaman tentang bagaimana pergerakan perempuan dari dulu hingga masa kini .

Sejarah membuktikan bahwa perempuan selalu berkembang dari masa ke masa, jika dilihat saat ini perubahan tersebut bahkan tergolong pesat dan sangat drastis.

Dahulu perempuan sangat memiliki banyak batasan dalam berekspresi, terutama dalam hal pendidikan. Perempuan jaman dulu bahkan sangat banyak sekali yang tidak mampu membaca atau dikenal dengan buta huruf, yang lebih menyedihkan lagi ialah banyak perempuan menjadi sasaran kekerasan karena anggapan bahwa perempuan adalah kaum yang lemah.

Selain itu, jaman dulu perempuan yang berada pada garis kemiskinan sering dijadikan budak dan parahnya dijadikan sebagai budak seks.

Bukti lainnya yang menunjukkan bahwa wanita pada jaman dulu sangat dibatasi adalah banyak perempuan yang tanpa kemauannya artinya dipaksa oleh pihak tertentu untuk menikah, padahal dari segi usia, kematangan organ tubuh, dan sisi psikologis belum sanggup untuk melakukan yang namanya pernikahan.

Perempuan yang dipaksakan untuk menikah atau masih dalam pola perjodohan sampai saat ini masih dibudayakan oleh beberapa negara, seperti India.

Tak hanya India, di Indonesia pun kita jelas masih menemukan kasus perjodohan yang dipaksakan. Selain menyayat hati sebagai seorang perempuan, memiliki keterbatasan tersebut membuat sebuah pandangan berbeda dengan yang namanya perempuan.

Untuk sebuah bukti yang akurat, coba lakukan tanyakan kepada nenekmu yang mana berusia kisaran lebih dari 60 tahun. Tanyakan kepada mereka pendidikan terakhir yang diperoleh, pada usia berapa menikah, apakah pernikahannya termasuk dalam kategori perjodohan.

Padahal sejarah banyak yang sudah membuktikan bahwa ternyata banyak hal di dunia saat ini muncul berkat adanya peran perempuan. Setiap negara atau suatu agama pastilah memiliki tokoh perempuan yang sangat membanggakan.

Diketahui bahwa salah satu tokoh wanita di tanah Arab yang mana sangat menjunjung tinggi pendidikan ialah Siti Aisyah yang merupakan istri Rasulullah yang mana beliau sangat sadar terhadap pendidikan dan terbukti dengan banyaknya hadist Rasul yang telah dirawikannya.

Sedangkan dari Nusantara, kita dapat melihat sosok Raden Ajeng Kartini, yang mana beliau merupakan tokoh emansipasi wanita yang juga telah mendunia. Sosok Kartini merupakan salah satu contoh perempuan Indonesia yang sadar akan pendidikan serta ikut dalam menggerakkan wanita Indonesia untuk memperoleh pendidikan dan kebebasan dalam berekspresi.

Walaupun Indonesia merupakan negara dengan mayoritas umat beragama islam, namun islam sendiri tidak mengekang wanita. Islam bahkan memuliakan wanita dengan caranya sendiri. Islam juga tidak membatasi wanita untuk berekspresi dengan syarat selama itu tidak melanggar syariat.

Sekarang mari kita lihat bagaimana aktivitas perempuan pada masa kini. Tak dapat dielakkan lagi bahwasanya wanita saat ini berkembang ke arah yang lebih positif. Sekarang, banyak perempuan yang memiliki hak untuk menentukan jalan hidupnya. Mereka bebas mendapatkan pendidikan serta bebas menjelajahi perindustrian.

Walaupun masih ada beberapa wanita di daerah perdesaan yang masih terkekang dengan adat yang tidak mengizinkan mereka berekspresi, namun jika dibentuk persentasenya maka saat ini banyak sekali wanita mampu untuk menentukan pilihannya tanpa paksaan. Hal ini merupakan suatu prestasi bagi Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan Indonesia.

Peran perempuan saat ini bukan hanya dalam bidang pendidikan saja, tetapi lebih jauh dari itu. Perempuan masa kini sudah ikut terlibat dalam karir ekonomi bisnis maupun politik.

Bahkan dari perempuan tersebut ada yang beberapa diantaranya turut menjamah dunia starup. Karena pada dasarnya perempuan Indonesia saat ini bukan hanya dituntut untuk memperoleh pendidikan saja, tetapi juga mampu menyesuaikan diri dan mengikuti perkembangan zaman..

Selain pendidikan yang sudah diperoleh, wanita masa kini juga menyibukkan diri dengan aktivitas ekonomi. Banyak dari perempuan baik yang sudah menikah maupun masih mengenyam pendidikan juga turut terjun ke dalam dunia ekonomi.

Walaupun masih berbentuk usaha yang skalanya kecil- kecilan, namun itu semua dilakukan untuk memenuhi kehidupan. Mereka tidak dipaksa melakukan itu semua, tetapi mereka melakukan itu semua untuk sebuah symbol kemandirian, kekuatan bahkan menghormati diri mereka sendiri.

Namun, walaupun demikian masih saja ada perempuan yang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara yang salah, tetapi pada akhirnya Indonesia juga turun tangan dengan membangun organisasi pemberdayaan wanita dan anak.

Tak hanya terjun langsung dalam dunia pendidikan dan ekonomi, bahkan saat ini perempuan juga ikut beraktivitas dalam bidang politik. Saat ini banyak sekali perempuan yang bahkan duduk di bangku Dewan atau menjadi seorang Menteri.

Menemukan fakta- fakta ini membuat perkembangan yang pesat bagi Indonesia. Karena salah satu wujud atau bukti sebuah negara mengikuti jaman, berkembang atau memulai peradaban dapat dilihat pada segi ekonomi, politik, bahkan paling sering dilihat pada kesejahteraan perempuan di dalamnya, serta kebebasan perempuan dalam negara tersebut untuk berekpresi.

Bagi wanita yang sudah menikah bukan berarti tidak mampu menunjukkan ekpresinya. Walaupun menempuh pendidikan tinggi lalu perempuan akan selalu berujung dengan pernikahan?.

Walaupun kelak perempuan akan dipimpin oleh suaminya, namun pendidikan yang baik perlu ditempuh untuk membangun generasi yang baik bagi Indonesia.

Sebuah media berita bernama post.jawa berhasil melakukan wawancara dengan sosok Devy Pranowo yang merupakan salah satu perempuan kebanggaan Indonesia.

Devy mengatakan bahwa perempuan tidak hanya dituntut untuk bisa mendidik anak dan sekedar mendapatkan pendidikan. Lebih dari itu, perempuan Indonesia juga dituntut untuk mampu berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi dan teknologi informasi.

Yang dapat dilakukan perempuan adalah tetap mengikuti perkembangan zaman serta memperkaya otak dan memperkokoh mental untuk menghadapi dunia dengan era yang maju.

Di era milenial ini, jelas perempuan memiliki banyak sekali aktivitas yang melebihi ekspektasi pada awalnya. Masa emansipasi juga memberikan kesempatan yang besar bagi perempuan untuk melakukan sesuatu yang awalnya tidak bisa dilakukan.

Namun, perlu diketahui dan dipahami, walaupun perempuan saat ini sangat bebas dan mampu berekpresi bukan berarti perempuan melupakan kodratnya sebagai perempuan.

Sebagai perempuan yang hidup di masa kini, kita juga harus sadar betul bahwa kita juga akan dipimpin oleh suami di kemudian hari. Kita juga akan melahirkan generasi- generasi yang cerdas.

Sehingga diharapkan untuk setiap kebebasan yang diperoleh alangkah lebih baiknya dibawa kepada arah yang positif, terus memperbaiki diri, serta berkembang menjadi orang yang memiliki pola pikir membangun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here