Home Aceh Perempuan Berhak Mendapat Beasiswa!

Perempuan Berhak Mendapat Beasiswa!

Oleh ; Fitri saharayani

Pendidikan adalah suatu hal yang paling penting di dalam kehidupan ini. Melalui pendidikan seseorang dapat  meningkatkan kualitas hidupnya. Mungkin di masa sekarang ini memiliki banyak gelar dengan pendidikan tinggi sudah menjadi hal yang biasa.

Namun, tidak sedikit juga orang yang berpikir bahwa pendidikan tinggi hanya penting untuk pria namun tidak penting bagi wanita karena pada akhirnya wanita juga akan menjadi ibu rumah tangga.

Ketika banyak orang berbicara bahwa anak muda sekarang adalah calon penerus bangsa dan kekuatan bagi bangsa maka seharusnya semua orang memiliki hak dan kesempatan yang sama di dalam bidang apapun terutama pendidikan tanpa melihat apakah dia seorang pria atau wanita.

Mungkin seringkali perempuan dianggap sebagai manusia yang lemah, mudah lelah, tetapi itu hanya dilihat dari segi fisik saja. Sebenarnya perempuan justru lebih kuat dan idealis. Banyak juga wanita-wanita karir yang sukses menjadi orang hebat dan bisa membanggakan negara.

Diluar sana, mungkin masih banyak anak perempuan yang ingin sekali mendapatkan pendidikan namun tidak bisa entah karena tidak ada biaya atau bahkan disuruh untuk langsung menikah. Hal ini tentunya tidak benar, karena bagaimanapun semua orang harus mendapatkan pendidikan yang layak demi kepentingan dirinya dan masa depan yang cerah bagi setiap anak bangsa.

Untuk apa kuliah sampai jenjang pendidikan yang tinggi bukannya nanti juga akan jadi ibu rumha tangga? Ya pertanyaan ini sangat sering terdengar.

Walaupun setiap perempuan memang pada ujungnya akan menjadi ibu rumah tangga bukan berarti ia tak harus berpendidikan tinggi, karna seorang perempuan akan menjadi ibu dan seorang ibu akan menjadi guru pertama bagi anak-ankanya.

Bukankah anak yang cerdas sudah pasti lahir dari seorang perempuan yang cerdas, jadi pendidikan tinggi tidak hanya untuk laki-laki tapi juga untuk perempuan. Perempuan tidak hanya sebagai ibu, wanita saat ini juga mulai merambah ke dunia karir dengan harapan dapat membantu perekonomian rumah tangga.

Seperti yang kita lihat, sekarang jenjang pendidikan menjadi salah satu syarat mutlak untuk melamar pekerjaan. Tentunya dengan menyandang gelar sarjana akan menjadi salah satu pemenuhan requirement karir impianmu.

Banyak yang terhambat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih lanjut dikarnakan biaya yang semakin besar di setiap jenjang pendidikan yang semakin tinggi sehingga beasiswa menjadi salah satunya jalan keluar sehingga tidak hanya laki-laki yang memburu beasiswa tetapi para perempuan juga demikian.

Perempuan juga berhak mendapatkan beasiswa demi memudahkan ia melanjutkan jenjang pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Karena tidak berbeda dengan laki-laki setiap perempuan juga berhak mendapatkan mimpi dan meraih pendidikan setinggi mungkin, tanpa terkecuali. Sebab lewat pendidikan, perempuan dapat bersaing dan menghadapi persoalan sehari-hari yang kian kompleks.

Jadi dapat dikatakan tidak hanya laki-laki yang berhak untuk mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Namun perempuan juga begitu mereka berhak mendapatkan beasiswa juga untuk melanjutkan pendidikan karna perempuan dan laki-laki tidak ada beda terlebih lagi pada era modern saat ini yang mana perbedaan gender tak lagi menjadi pembeda derajat antara laki-laki dan perempuan, justru saat ini juga tak jarang perempuan juga menjadi pemimpin.

Seperti kita lihat dari perjuangan RA Kartini setiap perempuan berhak untuk mendapatkan kesempatan dalam mengikuti pendidikan yang layak dan berkualitas, baik dimulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas.

Kita harus menghapus pemikiran stereotip tentang peranan pria dan wanita dalam segala tingkatan dan pendidikan, termasuk memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa baik dalam maupun luar negeri.

Oleh karena itu, kita selagi memiliki kesempatan dan juga sebagai calon penerus bangsa harus bisa memanfaatkan hak yang kita miliki dengan baik serta bisa mempertahankan hak-hak wanita dalam mendapatkan pendidikan yang cukup layaknya kaum pria seperti yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan kita demi masa depan Indonesia yang lebih baik lagi.

Perempuan yang mengenyam pendidikan tinggi akan lebih cerdas dalam menyikapi masalah. Ia lihai mencerna informasi, mampu mencari bukti dan bisa merangkai informasi secara logis untuk membentengi diri. Pengalaman di kuliah/organisasi yang kadang kala membahas UU, politik, strategi2 juga akan membantunya saat menghadapi dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here