Home Aceh Peran Dosen Dan Staf Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Selama Covid19

Peran Dosen Dan Staf Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Selama Covid19

193
0

Oleh: Nur Baity Mahasiswa Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ditengah melebarnya masa covid19 saat ini, kualitas pendidikan menjadi suatu hal yang harus di perhatikan. Akibat peraturan yang mengharuskan peserta didik menggantikan tempat belajar kerumah masing-masing sehingga menjadikan pelajar sebagian besar terbengkalai dari hak-hak yang selama ini menjadi kebutuhan sehari-hari.

Covid19 merupakan virus berbahaya yang menyebar dengan cepat hingga ketengah masyarakat Indonesia bahkan Aceh dan mengubah sosial masyarakat dari kebiasaan sebelumnya hingga dibataskan berbagai bentuk interaksi yang ada. Tidak terkecuali pendidikan.

Pendidikan juga sebagai salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap masa dan setiap harinya. Meski belajar bukan masalah tempat dan keadaan, akan tetapi titik fokus seseorang yang berbeda-beda dari segala hal begitupun dalam hal belajar.

Perpindahan belajar yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia, ketentuan yang telah ditetapkan bahwa dengan dikeluarkannya Surat Edaran oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: B-759/DJ.I/Dt.I.III/04/2020 tentang Perpanjangan Masa belajar, Tugas Akhir,Penerimaan Mahasiswa baru, dan Optimalisasi Anggaran untuk Proses Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19.

Di bangku perkuliahan, peran dosen dan staf akademik berupaya dalam merancang sistem perkuliahan secara online dengan mahasiswa secara tuntas.

Berbagai macam metode yang dihasilkan oleh masing-masing dosen untuk menuntaskan tanggung jawab mereka sebagai seorang pengajar terhadap pelajarnya akibat sistem pendidikan yang berubah drastis sebab adanya pendemi covid19 .

Meski tak sama halnya dengan sistem offline pada hari biasa namun ditengah wabah covid19 melanda, dosen lebih membiasakan mahasiswa untuk terbiasa dengan membaca dan mendengarkan sesuatu ( video/Audio) yang diberikan dosen secara online. Sehingga mahasiswa juga lebih berwawasan dan bernalar dalam bentuk yang berbeda.

Berbagai macam sistem atau metode dalam mengajar di setiap dosen pasti berbeda-beda baik secara grup yang biasa digunakan oleh mahasiswa dan dosen bersangkutan, bahkan sosial media yang baru di ketahui oleh para dosen dan mahasiswa dan itu menjadikan kesulitan ketika dosen maupun mahasiswa menggunakannya.

Namun, lagi-lagi demi keberlangsungan pembelajaran secara lancar dan menuntaskan materi yang akan di ajarkan dosen yang telah di jadwalkan, hingga dosenpun perlu belajar berbagai macam proses sosial media atau aplikasi yang diperlukan dalam mengajar.

Sebagai seorang pengajar dalam mengajar ditengah pendemi covid19 pasti mengalami yang namanya kesulitan dalam mengetahui kepahaman di tiap-tiap mahasiswa. Kesusahan inilah akhirnya di ukur pengajar dengan memberikan tugas kepada mahasiswa dalam bentuk mengetahui kepahaman anak didiknya.

Hal itu bukan pula sekadar melepaskan tanggung jawab, akan tetapi nilai ukur dosen yang mengharuskan memberi pertanyaan melalui online sebab kebiasaan berdiskusi secara tatap muka di berhentilah untuk sementara.

Berbagai cara lainnya juga dilakukan dosen sebagai bentuk upaya tanggung jawab mereka terhadap mahasiswa yang melangsungkan belajar di tengah-tengah pendemi covid19 yang sedang maraknya menyebar luas ini.

Tidak terkecuali dengan para staf akademik, bukan berarti kuliah online sehingga akademik ikut tutup dan pekerjaan berhenti sementara. Tetapi malah kebalikan dari pemikiran itu, bahwa para staf akademik juga tetap berupaya memberikan yang terbaik kepada mahasiswa meski dalam keadaan status kuliah yang berbeda.

Malah dari kebiasaan sebelumnya juga tampak sulit sebagai staf akademik dalam melanjutkan pekerjaan di tengah pendemi covid19 dengan berbagai kendala yang ada.

Para staf akademik juga menjadi salah satu yang senantiasa mengamati para dosen-dosen yang mengajar sesuai jadwal yang ada, staf akademik juga mengamati para dosen dalam membimbing mahasiswa untuk terus memperoleh asupan ilmu pada saat jadwal perkuliahan.

Mahasiswa harus terus berproses dengan bantuan dosen sebagai pembimbing sehingga covid19 bukan lagi menjadi alasan untuk berhenti dalam berproses setiap harinya.

Untuk memikul tanggung jawab yang besar dan dengan keterbatasan cara yang dilakukan sangat patut kita berikan semangat kepada para dosen dan staf akademik di setiap kampus yang ada.

Bukan lagi menjadi alasan bagi mahasiswa yang mengeluh sebab perkuliahan secara online. Para staf akademik juga berupaya agar kampus menyediakan kuota internet gratis demi kelancaran sistem perkuliahan daring atau online di tengah wabah covid19.

Mahasiswa dapat menghadiri perkuliahan sistem online tanpa alasan kepada dosen yang bersangkutan Akibat kuota tersebut. Pada Universitas di Aceh juga ikut serta dalam hal memberikan Kuota gratis kepada mahasiswa guna kelancaran PBM (Proses Belajar Mengajar) yang tetap berlangsung di rumah.

Upaya yang dilakukan para dosen dan staf akademik patut di apresiasi oleh kita semua, berbagai cara yang bisa di berikan kepada mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa sendiri. Meski terlihat santai namun kerja keras para dosen dan staf akademik sangat membantu mahasiswa.

Perkuliahan daring sangat membuat para mahasiswa mengeluh, tapi mau tidak mau semua harus diterima oleh seluruh peserta didik akibat wabah covid19 yang semakin memangsa manusia dengan kecepatan yang luar biasa.

Keadaan yang tidak diketahui kapan akan berhenti sehingga kita semua kembali kepada zona aman, namun kenyataan yang ada hanya membuat keluhan-keluhan kita semua dapat dicurahkan dengan berdoa semoga wabah covid19 segera hilang dan punah dari bumi tercinta kita, agar tidak ada lagi masyarakat yang menderita baik dari peraturan pemerintah dan meski untuk kebaikan bersama.

Sehingga semakin luas penyebaran wabah covid19 ini maka semakin besar kemungkinan usaha dalam proses pendidikan semakin susah meski peran dosen dan staf akademik berusaha memberikan yang terbaik kepada mahasiswa yang ada.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here