Home Fokus Nasional Pemilihan Kepala Dusun Datang Bergantian di Tengah Pandemi Covid-19

Pemilihan Kepala Dusun Datang Bergantian di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Aprilla Rosa Mahasiswa Jurusan Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

 

Saat ini penyakit covid-19 masih menjadi masalah kesehatan bagi Dunia bagi Negara kita dan juga bagi Provinsi kita, Aceh. Walaupun kita masih bisa bernafas sedikit lega karena belum menjadi wilayah dengan transmisi lokal, akan tetapi semua pihak harus tetap waspada. Semua masyarakat harus mengikuti berbagai imbauan pemerintah dengan menerapkan social distancing, yaitu tidak berada di keramaian kecuali untuk hal yang sangat penting dan tetap berusaha melakukan physical distancing (menjaga jarak) dengan orang di sekitar kita.

 

Di tengah pandemi covid-19, desa Pasie Lembang kec Kluet Selatan kab Aceh Selatan melangsungkan pemilihan kepala dusun. Adanya wabah virus Corona juga menjadi salah satu perhatian bagi kepala desa karena akan ada pengumpulan masa yang cukup banyak, utamanya saat proses pemungutan suara maupun perhitungan suara sebagai antisipasi, warga yang hendak menggunakan hak pilih datang bergantian dan tempat pemungutan suara menyediakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer.

 

Dalam pemantauan perangkat desa, pelaksanaan pemilihan kepala dusun, Kamis (4/6/2020) pagi -sore berlangsung lancar. Panitia pemilihan kepala dusun terpantau menyediakan tisu dan sabun cair di tempat pemungutan suara atau TPS guna mencegah penyebaran virus Corona.

 

Ini adalah langkah baik yg digunakan kepala desa salah satunya adalah mengurangi berkumpulnya banyak orang sehingga bisa mencegah penyebaran virus covid-19, tetapi akan lebih efektif lagi jika masyarakat untuk tetap patuhi protocol kesehatan,apabila melakukan aktivitas di luar rumah maka wajib menggunakan masker. Dan panitia pemungutan suara memasang imbauan untuk tidak bersalaman atau bersentuhan, warga yang sudah melakukan hak suaranya , tidak berkumpul di TPS dan menunggu perhitungan suara dari rumah masing-masing pemilihan kepala dusun perlu dilaksanakan mengingat perangkat desa telah terjadi kekosongan.

 

Saya mencermati bahwa melaksanakan tahapan pemilihan kepala dusun Kamis 4 Juni 2020 tersebut adalah langkah berani karena Aceh sudah di tetapkan sebagai zona hijau covid-19, masyarakat sudah bisa beraktifitas seperti biasa,meski begitu tetap memperhatikan protocol kesehatan, masyarakat dan pemerintah daerah harus tetap mewaspadai penyebaran virus Corona.

Mari disiplin bersama dan saling mengingatkan untuk mematuhi protocol kesehatan, untuk melindungi diri kita sendiri, keluarga dan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here