Home Nasional MENANTI JURUS ANTI JENUH EFEK KULIAH DARING

MENANTI JURUS ANTI JENUH EFEK KULIAH DARING

Oleh: Nur Baity ,Mahasiswa prodi Sosiologi Agama fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-raniry Banda Aceh.

Kuliah online semakin kian menjadi kegiatan rutin bagi mahasiswa di saat-saat pendemi ini, hampir tiga bulan masyarakat yang harus tetap berada di rumah dan patuh aturan yang berlaku akibat adanya wabah virus corona. Tak terkecuali para mahasiswa yang juga mengikuti kuliah daring.

Berbeda dengan sebelumnya yang melakukan diskusi di ruang kuliah bersama para mahasiswa lainnya menjadi sangat sulit dan bosan jika sebagai mahasiswa belajar di rumah dengan sendiri dalam sistem daring.

Oleh karena lebih banyak melakukan aktivitasnya di rumah, tentu menimbulkan rasa bosan yang berkepanjangan. Apalagi hal itu juga dilakukan berbulan-bulan.

Sebagai mahasiswa, selain harus mengikuti kuliah dengan sistem daring, mahasiswa juga harus mengerjakan tugas kuliah dari setiap dosen di tengah aturan akibat wabah virus corona.

Situasi semacam ini yang hampir terjadi setiap hari pada diri mahasiswa berpotensi membuat mental seseorang terganggu, mengeluh, dan bosan.

Saat ini, sebagai mahasiswa yang masih haus dengan ilmu pengetahuan harus pandai dalam mengambil sikap di tengah-tengah pandemi saat ini. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan mahasiswa sebagai anti jenuh akibat kuliah daring.

1. Mengatur waktu belajar sebaik mungkin

Di tengah pandemi saat ini, kuliah daring dan bahkan tugas mahasiswa terasa semakin menumpuk. Maka langkah yang tepat sebagai mahasiswa ialah mampu mengatur waktu secara produktif agar tak terbuang sia-sia dan menjadi waktu yang pasif.

Sehingga, segala kegiatan keseharian dapat lebih mudah di kerjakan tanpa dikejar-kejar deadline. Waktu yang ada dimanfaatkan dengan maksimal mungkin agar segala kegiatan dan juga tugas- tugas kuliah secara otomatis terselesaikan secara optimal.

2. Tentukan prioritas tugas

Sebagai mahasiswa, tugas memang harus dikerjakan semuanya. Namun susah dalam menyelesaikan tugas dengan optimal dan tidak memberatkan kita sebagai mahasiswa, oleh karena itu sangat perlu menentukan skala prioritas pada tugas yang diberikan.

Pilih tugas yang akan dikerjakan dengan jadwal terdekat atau di anggap paling genting waktunya. Hal ini agar memudahkan ketika mengerjakan tugas-tugas yang lainnya. Namun, perlu di ingat oleh seorang mahasiswa ketika mengerjakan tugas tidak perlu risau dengan tugas yang lain, cukup fokus pada tugas yang sedang dikerjakan agar selesai dengan maksimal.

3. Memilih lokasi dan gaya belajar yang tepat

Tempat menjadi suatu hal yang penting ketika seseorang dalam belajar. Tentukan tempat dan gaya belajar sangat berpengaruh bagi seseorang.

Kamar adalah salah satu tempat yang cocok untuk seseorang yang suka belajar dalam keadaan sepi dan tenang agar lebih fokus pada pembelajaran akibat suara yang di anggap sebagai penghilang titik fokus kita.

Ruang tamu dan diluar rumah juga termasuk tempat yang cocok untuk belajar, baik yang suka berkelompok dan sedikit ramai. Ketika belajar online, tempat tersebut menjadi tempat yang nyaman buat belajar karena belajar dengan santai dan bisa menikmati suasana dan keadaan yang ada di sekeliling kita.

4. Hindari pikiran negatif

Memang dalam keadaan kuliah daring sepertih ini, tugas yang semakin banyak dengan deadline yang sempit seringkali dianggap sebagai hal yang negatif dan mengerikan. Padahal di tengah keadaan pendemi ini, kita perlu menumbuhkan pikiran positif agar semua menjadi mudah untuk dikerjakan.

Pikiran positif menjadikan pikiran tenang, dan terlihat mudah, tampa perlu terlalu serius menyikapinya dengan hal-hal negatif. Memang, segala sesuatu pasti akan selalu ada yang namanya konsekuensi yang harus kita dihadapi kedepannya. Namun, justru tersebut kita jadikan sebagai sebuah motivasi. Yakin dan tetap berusaha agar semua tugas akan selesai pada waktunya.

5. Menentukan waktu untuk hiburan

Terlalu memaksakan diri dengan sesuatu aktivitas yang menguras pikiran juga tidak baik. Maka ada saatnya otak kita perlu istirahat dari kerja kerasnya, ketika serius dalam mengerjakan tugas sehingga sesekali diperlukan hiburan. Buat diri agar merasa nyaman dan tenang dan tak terbawa beban pikir dengan sesuatu yang menghiburkan.

Melakukan sesuatu hal menarik dan yang kamu suka sebagai hoby seperti menonton flm atau drama kesukaan atau hiburan lainnya. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk menenangkan pikiran dan mengistirahatkan otak dari kepenatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here