Home Aceh Kuliah Daring apakah Efektif? Ini Tipsnya!!

Kuliah Daring apakah Efektif? Ini Tipsnya!!

186

Oleh ; Muhammad usni ariza

170305086

Sosiologi agama

Sejak munculnya pandemi Covid-19 hingga sekarang banyak aktifitas yang dilakukan dari rumah, contohnya dalam proses belajar mengajar baik di bangku sekolahan hingga perkuliahan.

Kabar tidak baiknya kamu juga belum tahu sampai kapan kuliah daring akan terus dilaksanakan. Kuliah secara daring tentu saja sangat berbeda dengan kuliah dengan cara tatap muka seperti pada umumnya.

Kuliah Daring merupakan perkuliahan yang dilakukan dengan menggunakan akses internet. Media pembelajaran dibuat dan dirancang untuk dapat diberikan kepada mahasiswa secara online.

Materi biasanya akan dibuat dalam bentuk soft file, video, atau audio. Satu hal yang pasti adalah setiap mahasiswa harus dipastikan memiliki kemampuan untuk mengakses setiap materi yang akan disampaikan.

Proses pembelajaran tidak efektif dimana tidak semua pelajar, mahasiswa/i dapat dengan mudah menagkses Informasi dan juga mempercepat pengiriman tugas dikarenakan jarak dan tempat tinggal menjadi halangan, yang semula akses internet adalah gaya hidup kalangan atas dan kini merambah wajib bagi setiap kalangan bahkan mahasiswa/i utamanya dalam proses belajar megajar.

Contohnya terlihat pada kuliah online yang di laksanakan mahasiswa banyak pandangan tentang kebijakan tersebut dimulai dari kurangnya penanggapan mahasiswa saat melakukan kuliah online/daring, lebih parahnya sebagian dosen tidak memberlakukan sebagaimana ketentuan perkuliahan yang dilakukan secara daring.

Seperti hal nya dosen memberikan tugas kepada mahasiswanya setiap pertemuan padahal hal tersebut tidak efektif untuk para mahasiswa untuk mendapatkan ilmu yang seharusnya mereka dapatkan.

Karena sering kali seorang pengajar hanya memberikan tugas pada setiap pertemuan tanpa menjelaskannya. Akan tetapi masalah utama tidak efektifnya kuliah daring/online yaitu keterbatasannya akses jaringan di setiap daerah apalagi mereka yang tempat tinggalnya dipelosok.

Pada umumnya masyarakat tersiksa dengan keadaan seperti sekarang ini karena semua kegiatan terbatas, semua di lakukan di rumah dengan pergerakan yang sempit. Dan dari keadaan seperti ini banyak hal yang bisa kita lihat dimana kepedulian sesama manusia juga di tunjukan terlebih bagi masyarakat yang terkena covid 19 mereka harus di isolasi dan membutuhkan bantuan dari kita sesama masyarakat sekurang-kurangnya kita mampu memberi mereka semangat untuk melawan penyakit tersebut.

Adapun tips agar perkuliahan tidak membosankan, yaitu:

1. Memilih lokasi belajar yang tepat (indoor/outdoor)

Memilih lokasi yang tepat adalah salah satu agar perkuliahan daring dapat berjalan dengan baik dan dapat terhindar dari kebosanan.

2. Hidupkan suasana kelas dengan diskusi

Kelas online tentu akan berbeda dengan kelas offline. Kamu dapat menghidupkan suasana kelas dengan berdiskusi. Manfaatkan sesi diskusi dengan dosen karena itu akan membantu kamu lebih bersemangat. Selain itu, dengan berdiskusi tentunya akan membuat kamu lebih memahami topik bahasan yang disampaikan dosen.

3. Simak materi yang disampaikan oleh guru/dosen dengan baik

Perkuliahan secara daring terkadang membuat kamu lebih mudah untuk tidak memperhatikan perkuliahan. Hal itu justru dapat membuat kamu menjadi bosan. Baiknya simak perkuliahan agar kamu dapat memahami setiap materi yang disampaikan oleh dosen.

4. Siapkan cemilan

Kuliah daring memiliki kelebihan diantaranya kamu dapat lebih nyaman dengan menikmati camilan. Kamu juga dapat menghidangkan secangkir teh atau kopi agar lebih fresh saat belajar. Kamu juga dapat membuat menu camilan sendiri di rumah sebagai bentuk dari memanfaatkan waktu luang. Menu camilan juga baiknya tidak terlalu berlebihan agar kamu tetap fokus berkuliah secara daring.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here