Home Aceh DAMPAK PENERAPAN NEW NORMAL di INDONESIA

DAMPAK PENERAPAN NEW NORMAL di INDONESIA

Oleh Annisa Purnama Edward (Mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Ditengah wabah virus corona yang terus menyebar keseluruh dunia bahkan Indonesia. Dalam hal ini beberapa daerah di Indonesia mulai menerapkan sesuatu hal baru yang disebut sebagai new normal. Dimana masyarakat akan beradaptasi untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

New normal ini timbul karena virus corona yang tidak bisa dibasmi habis sehingga masyarakat diharapkan dapat hidup berdampingan virus corona.

Nah, apakah dampak yang timbul setelah diterapkannya new normal? dengan penerapan new normal ini menimbulkan dampak positif dan negatif, positifnya yaitu peputaran ekonomi yang sempat terhenti ditengah masyarakat karena adanya virus corona mulai berjalan lagi dengan perlahan. Adapun dampak negatifnya yaitu penyebaran virus corona yang semakin meningkat sehingga menimbulkan keresahan bagi pemerintah maupun masyarakat.

Peningkatan laju penyebaran virus corona yang semakin cepat semenjak diberlakukannya new normal menandakan bahwa masyarakat kurang siap untuk menjalankan new normal.

Oleh karena itu masyarakat lebih waspada dalam mengahadapi virus corona karena masih banyaknya masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Padahal new normal ini bertujuan untuk memperkuat penyesuaian kesehatan maupun ekonomi.

Kebijakan baru pemerintah yang  menerapkan kebijakan new normal membuat masyarakat harus bisa beradaptasi selama pandemi covid-19 dengan tetap beraktivitas serta menerapkan protokol kesehatan.

Dalam hal penerapan new normal ini tidak sedikit pula masyarakat dapat melakukan adaptasi ini dengan baik karena masih ada sebagian masyarakat tidak patuh dalam penerapan protokol kesehatan.

Jadi diharapkan kebijakan pemerintah yang menerapkan sistem new normal ini dapat memulihkan kembali perekonomian masyarakat selama berlangsungnya pandemi, dan  setelah diterapkannya new normal ini tidak menutup kemungkinan kasus pandemi di Indonesia menjadi turun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here