Home Aceh Antara Angle dan Fokus 

Antara Angle dan Fokus 

84
0

Oleh: Jumratul Sakdiah 

Bidikan tajam penting untuk diperhatikan saat menulis. Karena pembaca akan mengikuti kaca mata yang digunakan penulis dalam tulisannya.

Maka dalam hal ini diperlukan penalaran kritis yang menghasilkan hipotesis dan nantinya perlu pembuktian melalui data, fakta dan analisa. Selanjutnya akan menghantarkan kesimpulan, yang merupakan hasil penelaahan dari penulis atau dikenal dengan istilah tattabu’.

Melalui aktivitas tattabu’, jenis serangan mudah terdeteksi dengan akurat. Mampu mengklasifikasi segala isu yang muncul di pemberitaan. Maka, dalam satu tulisan, penulis harus mempunyai satu Angle atau dikenal sudut pandang yang menjadikan ia fokus terhadap itu. Dan ini akan menjadikan tulisannya jelas dan ringkas tidak bertele-tele apalagi ngalur ngidul yang membuat pembacanya kebingungan.

Sudut pandang bisa berupa attack maupun counter. Attack memiliki karakteristik labeling, kupas fakta dan kasyful khuthat yang artinya membuka makar atau rencana jahat kafir harbi laknatullah. Sementara counter dengan karakteristik klarifikasi, menjelaskan perspektif Islam (analisis fakta), merinci solusi Islam (detil) serta Dharb at-Tsiqah.

Oleh karena itu, penulis bisa memilih sudut pandang diantara keduanya. Tergantung jenis isu yang akan digubris serta ketepatan sudut pandang yang digunakan.

 

#MenulisIdeologis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here